RSUD SMART Pamekasan Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk Awam

Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar ( BHD ) atau Basic Life Support (BLS) sangat penting bagi masyarakat awam  karena kejadian kegawat daruratan dapat di jumpai di mana saja dan kapan saja. Sehingga dapat menjadi bekal untuk menolong orang lain. Bantuan hidup dasar merupakan tindakan yang bertujuan untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi organ vital pada korban henti jantung dan henti nafas dengan memberikan kompresi dada atau resusitasi jantung paru dan pemberian nafas bantuan.

RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo menggelar pelatihan BHD Awam melalui program edukasi kesehatan oleh tim promosi kesehatan rumah sakit. Pada kesempatan kali ini PKRS menggandeng Kepala ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo yaitu Bapak Jatim Sugiyanto, S.Kep.,Ns.,M.Kep. narasumber. Acara ini di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2024 di Ruang tunggu Poliklinik Rawat jalan. Tujuan dari dilakukannya pengabdian masyarakat mengenai pengenalan BHD pada masyarakat awam ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai bantuan hidup dasar, serta diharapkan masyarakat dapat memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan pada masyarakat sekitar. Metode penyuluhan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan demonstrasi.

Dalam kegiatan tersebut terlihat para pengunjung poliklinik sangat antusias menyimak paparan materi dari nara sumber, sekaligus bertanya dan mempraktekkan cara melakukan pijat jantung yang benar. Rangkaian acara ditutup dengan pembagian doorprize untuk para pengunjung yang beruntung.
S. Kep.,Ns.,M.Kep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *