Jurnalis Center Pamekasan Beri Penghargaan dan Dukungan kepada Tim Medis Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo.

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN – Jurnalis Center Pamekasan (JCP) memberikan piagam penghargaan kepada para Tim Medis Penaggulangan Virus Corona (Covid-19) RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Sabtu, (28/03/2020).

Piagam penghargaan itu langsung diserahkan Ketua JCP, Mulyadi Izhaq kepada Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat.

Ketua Jurnalis Center Pamekasan, Mulyadi Izhaq mengatakan, piagam apresiasi tersebut diberikan pihaknya sebagai bentuk dukungan morel terhadap para dokter dan perawat yang menangani virus corona di RSUD Pamekasan.

“Ini apresiasi dari kami kepada para dokter dan perawat RSUD Pamekasan yang saat ini masih terus berjuang dalam upaya penanggulangan virus corona,” kata alumnus IAIN Madura itu.

Pria yang karib disapa Mulyadi itu juga menyatakan, apresiasi tinggi dan dukungan morel ini wajib mereka dapatkan sebagai bentuk kepedulian atas dedikasi para Tim Medis Covid-19 RSUD Pamekasan yang selalu sigap menanggapi persoalan terkait virus corona.

Sebab, kata dia, dalam pencegahan penyebaran wabah virus corona ini para Tim Medis Covid-19 RSUD Pamekasan selalu berada di garda terdepan dalam rangka penanggulangan pandemic Covid-19.

“Dengan adanya dukungan atau supporting tersebut bisa memberikan manfaat, berupa kekuatan dan kesabaran untuk para tim medis,” ujar mantan aktivis PMII ini.

Jurnalis Center Pamekasan ini, lanjut Mulyadi, menyerahkan piagam penghargaan tersebut atas partisipasi tim medis yang sigap dalam penanggulangan dan responsif terhadap para media dalam memberikan informasi seputar Covid-19.

Selain memberikan piagam penghargaan itu, perkumpulan jurnalis muda tersebut, kata dia juga menyerahkan sejumlah paket makanan berupa buah-buahan kepada petugas medis yang sedang bertugas.

Paket buah-buahan itu diharapkan pihaknya sebagai penambah stamina para tim medis penanggulangan Covid-19 RSUD Pamekasan agar selalu sehat dan bugar.

Lebih lanjut, Mulyadi menyampaikan sumbangan morel yang diberikan pihaknya tidak dilihat dari besar kecilnya.

Melainkan kata dia, penghargaan ini merupakan bentuk dukungan morel dan apresiasi yang sangat tinggi kepada petugas medis yang sudah mewakafkan dirinya demi keselamatan kemanusiaan.

“Sumbangan kami memang kecil. Ini hanya sebagai simbolis bahwa kami bersimpati dan mendukung kinerja para petugas medis,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat mengucapkan terima kasih atas apresiasi penghargaan dan dukungan morel yang diberikan oleh Jurnalis Center Pamekasan.

Dia mengajak masyarakat setempat agar ikut andil menekan penyebaran virus corona.

“Demi keselamatan kita semua, kami berharap masyarakat Pamekasan untuk mengikuti arahan Pemerintah serta maklumat dari Kapolri yang telah disebarkan,” imbaunya.

Syaiful Hidayat berjanji, pihaknya bersama jajaran Forkopimda Pamekasan akan terus memberikan sosialiasi pencegahan virus corona kepada masyarakat setempat di tengah mewabahnya virus mematikan tersebut.

Hal itu, pihaknya lakukan dalam rangka mengantisipasi penularan virus corona serta untuk meredam kepanikan masyarakat.

“Saya sampaikan kepada masyarakat Pamekasan semuanya agar rutin cuci tangan dengan sabun hingga bersih untuk setiap akan melakukan aktivitas maupun sesudah aktivitas dan upayakan berperilaku sehat,” katanya

Pihaknya juga mengimbau, agar masyarakat tidak terlalu panik terkait mewabahnya Virus Corona ini.

Dia juga mengajak semua masyarakat agar bersama-sama melakukan pencegahan dini terhadap penyebaran virus tersebut dengan berperilaku pola hidup bersih dan sehat.

Selain mencuci tangan, Syaiful Hidayat juga meminta agar masyarakat setempat tidak bersentuhan secara langsung dengan masyarakat yang lain dan upayakan menjaga jarak satu meter ketika ingin melakukan komunikasi.

Begitu pula, pihaknya mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga stamina tubuh yang sehat, serta mengkonsumsi makanan yang sehat pula, seperti empat sehat lima sempurna.

“Jauhkan diri dari tempat yang kotor, serta makan makanan yang bersih sebelum dikonsumsi,” peringatnya.

Tidak hanya itu, Syaiful Hidayat juga mengimbau, agar masyarakat menghindari pertemuan atau berkerumun dengan banyak orang, serta jangan keluar rumah bila tidak ada urusan yang sangat penting.

“Apabila mengalami gangguan kesehatan, di antaranya jika badan terasa panas, batuk, pilek segera periksa ke Puskesmas terdekat atau langsung ke RSUD,” pintanya.

Lebih lanjut, Syaiful Hidayat berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu berdoa kepada yang maha kuasa semoga virus corona ini segera berakhir.

“Dengan habisnya wabah virus corona ini, kita semua dapat beraktifitas kembali dengan nyaman tanpa rasa was-was,” pungkasnya.