WOKSHOP PMKP

WORKSHOP Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RSUD SMART para pemberi pelayanan di RSUD antusias mengikuti Workshop tersebut yang di isi oleh dr dari Kars– Pelayanan kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang mengandung resiko, karena menyangkut keselamatan tubuh dan nyawa seseorang. Perkembangan ilmu pengetahuan, metode pengobatan dan penemuan alat kedokteran semakin canggih, selain memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, pada kenyataannya tidak mampu menghilangkan resiko terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan, baik timbulnya komplikasi, kecacatan maupun pasien meninggal dunia.

Oleh karena itu Rumah Sakit perlu menyusun suatu program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap pasien, agar kejadian tidak diinginkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. Dengan meningkatnya keselamatan pasien, diharapkan dapat mengurangi terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit kembali meningkat. Mengingat issue keselamatan pasien sudah menjadi issue global dan tuntutan masyarakat, maka penyusunan program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit menjadi prioritas yang perlu dilakukan oleh semua Rumah Sakit.

Menurut Joint Commission International (JCI) yang menyusun Standar Akreditasi Rumah Sakit Internasional  yang standarnya diadopsi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Program PMKP yang ideal perlu menetapkan struktur / input dari kegiatan klinik dan manajemen, termasuk kerangka untuk memperbaiki proses kegiatan serta indikator output yang digunakan untuk monitoring dan evaluasi. Lebih lanjut program tersebut perlu menekankan bahwa perencanaan, perancangan, monitor, analisis dan perbaikan proses klinik serta manajemen, harus dikelola dengan baik dengan sifat kepemimpinan yang jelas agar tercapai hasil yang maksimal.

MAKSUD DAN TUJUAN

Secara garis besar program Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada sumber daya rumah sakit, agar mampu memberikan jaminan mutu pelayanan kesehatan prima dan keselamatan pasien yang berorientasi pada mutu paripurna (Total Quality Management) dan peningkatan mutu berkelanjutan (Continous Quality Improvement). Selain itu juga agar rumah sakit mampu:

  • Memberikan jaminan Mutu Pelayanan melalui 6 Indikator Mutu Rumah sakit yang telah ditetapkan kepada seluruh pengjung rumah sakit.
  • Mampu menciptakan budaya melayani yang berorientasi pada keselamatan dan keamanan pasien di rumah sakit.
  • Memberikan jaminan kepastian pelayanan yang aman berorientasi pada pasien, pelanggan dan masyarakat di rumah sakit.
  • Mampu menurunkan tingkat Menurunnya kejadian tidak diharapkan (KTD) dan mampu mengendalikan program tersebut secara intensif.
  • Mampu memberikan kesadaran dan kepatuhan yang penuh terkait dengan terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian yang tidak diharapkan.

MATERI PELATIHAN

  • PMKP 1. Leadership and Quality Patient Safety Plan
  • PMKP 2. Clinical Guidline, Clinical Pathway
  • PMKP 3. Penetapan dan Pengumpulan Data Indikator
  • PMKP 4. Analisa Data Indikator
  • PMKP 5. Validasi Data Indikator
  • PMKP 6. Sentinel Event
  • PMKP 7. Variasi / Trend Data Tidak Diharapkan
  • PMKP 8. Near Miss
  • PMKP 9. Improvement and Sustainibility
  • PMKP 10. Improvement in Priority Area and Test Change
  • PMKP 11. Risk Management—FMEA

METODE PELAKSANAAN

Untuk mencapai target yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan dalam program Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien ini menggunakan metode interaktif, yaitu dengan teknik penyampaian komunikasi 2 arah antara pengajar dan audience, berbagi pengalaman dan contoh aplikasi yang aktual dilapangan, mendeskripsikan konsep-konsep improvement yang tepat (pelayanan, mutu dan K3) aplikasi, diskusi dan konsultasi interaktif.

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Ketua dan anggota team program PMKP Rumah Sakit, divisi pelayanan dan K3, divisi umum dan customer services, para staff dan direksi, koordinator dokter, kepala perawat, kepala bidan, Dept HRD/SDM Rumah Sakit dan semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam team program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.