Tata Tertib

Tata Tertib Pengunjung Pasien Rumah Sakit SMART

  1. Waktu berkunjung (Besuk) pasien:
    1. Pagi     : Pukul 10.00  – 12.00
    2. Sore     : Pukul 16.00  – 18.00
  2. Pintu masuk / keluar berkunjung hanya dari pintu masuk yang telah ditentukan.
  3. Anak sehat dibawah 12 tahun tidak diijinkan / dilarang memasuki area perawatan rumah sakit.
  4. Untuk keselamatan dan kenyamanan pasien:
    1. Jumlah pengunjung yang masuk ruang perawatan pada saat bersamaan tidak lebih dari 3 (tiga) orang.
    2. Pengunjung yang sedang sakit flu, tenggorokan atau memiliki penyakit menular tidak diperbolehkan mengunjungi rumah sakit.
    3. Dimohon untuk bicara dengan suara yang tidak keras.
    4. Waktu berkunjung diusahakan sesingkat mungkin.
    5. Dilarang membawa hewan peliharaan ke lingkungan rumah sakit.
  5. Tidak diperkenankan membawa barang berharga, alat / barang elektronik (Rice Cooker, laptop / notebook, setrika atau barang sejenis lainnya), dan alas tidur kedalam lingkungan RS SMART dan kami tidak bertanggungjawab atas kehilangan, pencurian atau kerusakan terhadap barang tersebut.
  6. DILARANG MEROKOK selama berada di lingkungan RS SMART termasuk di area parkir RS SMART.
  7. Kendaraan pengunjung pasien mohon diparkir ditempat yang telah disediakan.
  8. Keamanan kendaraan pengunjung pasien dan perlengkapannya menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan.
  9. Pengunjung pasien yang dirawat di ICU tidak diperkenankan masuk ke ruang ICU, disediakan ruang kunjungan dengan pembatas jendela kaca, kesempatan masuk ke ICU bertemu pasien hanya diberikan kepada keluarga dan akan dilakukan pengaturan secara bergantian oleh perawat ICU.
  10. Izin berkunjung diluar waktu kunjungan diberikan hanya pada keadaan tertentu atau alasan khusus dengan ketentuan pengunjung meminta izin kepada staf Customer Care & Kantor Terima (CCKTM) dengan menyebutkan alasan khususnya. Demi kenyamanan pasien dan ketertiban di ruang perawatan maka petugas akan mengatur jumlah pengunjung yang boleh masuk serta alokasi waktu berkunjungnya, sesuai dengan kondisi pasien saat itu dan situasi di ruang perawatan
  11. Petugas Satpam berwenang untuk melaksanakan penertiban sesuai ketentuan tersebut diatas.

KEAMANAN DAN KETERTIBAN RUMAH SAKIT

  1. Rumah Sakit dilengkapi dengan sistim keamanan terpusat dengan ditunjang perangkat CCTV di beberapa area.
  2. Meskipun rumah sakit sudah mengupayakan sistim keamanan tersebut, namun karena rumah sakit merupakan area publik dan tidak semua orang yang datang dapat dipantau satu per satu, maka kehilangan atas uang dan/ barang berharga milik pasien / keluarga/ pengunjung menjadi tanggung jawab perseorangan. Rumah Sakit tidak bertanggungjawab atas kehilangan tersebut.
  3. Keluarga, penjaga dan pengunjung pasien diharapkan ikut serta menjaga keamanan, kebersihan, kerapian, dan ketertiban di lingkungan rumah sakit.
  4. Apabila melihat orang/ barang/ hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi/ laporkan kepada perawat ruangan/ petugas sekuriti.

TATACARA PENGAJUAN KELUHAN

  1. Rumah sakit menyiapkan sarana untuk pasien dapat menyampaikan saran, keluhan/ komplain melalui petugas Customer Care & Kantor Terima (CCKTM) atau petugas di unit terkait tempat pasien dilayani
  2. Penyampainan saran, keluhan/komplain bisa dilakukan secara langsung, melalui kuesioner/kotak saran, melalui telepon atau email yang tersedia.

INFORMASI, ANJURAN DAN LARANGAN LAINNYA

  1. Makanan pasien diberikan sesuai dengan standar gizi yang diperlukan. Bila hendak membawa makanan dari rumah/ luar, mohon konsultasikan terlebih dahulu kepada perawat/ dokter.
  2. Waktu kepulangan (check out) pada hari kerja (Senin-Sabtu), kecuali pasca bersalin bisa pulang pada hari minggu.
  3. Waktu kepulangan (check out) selambat-lambatnya pkl 12.00 WIB, kecuali karena menunggu menunggu visite dokter, hasil laboratorium atau hal lain yang ditetapkan bagian Administrasi. Jika melewati batas waktu tersebut akan diperhitungkan tambahan satu hari perawatan.
  4. Pada hari kepulangannya, pasien dan penjaga hanya mendapat makan pagi saja. Jika membutuhkan makan siang dapat menghubungi petugas ruangan dan akan dikenakan biaya tambahan.
  5. Demi kenyamanan pasien, maka proses mengantar atau mengambil perlengkapan/ kebutuhan pribadi pasien harap dilaksanakan pada waktu jam kunjung atau berkoordinasi dengan petugas ruang perawatan.
  6. Demi standarisasi mutu pelayanan, mohon agar perawatan/ pengobatan dipercayakan sepenuhnya kepada dokter/perawat dengan menggunakan obat/ perlengkapan/ peralatan medis yang telah disediakan rumah sakit. Pasien DILARANG menggunakan Alat Kesehatan Pribadi yang dibawa dari tempat lain, seperti Alat Saturasi O2, Alat Cek Gula Darah Portabel (BS Accutrend), Birocare, Kasur Listrik dan lain-lain. Termasuk pembelian obat yang bukan berasal dari Instalasi Farmasi rumah sakit. Risiko yang timbul atas penggunaan alat tersebut, bukan menjadi tanggungjawab Rumah Sakit.
  7. Dengan mempertimbangkan bahaya penularan penyakit (infeksi virus, bakteri, jamur) dan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam rumah sakit maka bagi penjaga pasien/ pengunjung:
    1. DILARANG menggunakan fasilitas RS yang diperuntukkan hanya bagi pasien. Misalnya alat makan/ minum, selimut, kamar mandi pasien, tempat tidur, termasuk tempat tidur kosong, dll.
    2. DILARANG mencuci sendiri dan menjemur pakaian di area Rumah Sakit. Fasilitas Laundry disediakan rumah sakit.
    3. DILARANG membawa alat tidur dari luar RS untuk digunakan pasien, seperti : Alas Tidur Lipat, Bantal/ Guling, Selimut, dll.
  8. Bagi pasien, keluarga pasien, dan pengunjung :
    1. DILARANG mendokumentasikan/ memotret/ merekam proses tindakan medis/ keperawatan dengan cara apapun dan dengan alasan apapun tanpa izin tertulis dari Rumah Sakit.
    2. DILARANG merokok di area rumah sakit (termasuk di taman dan parkir). Ketentuan ini sesuai Perda Pemkot Surabaya No.5 Tahun 2008 tentang kawasan tanpa merokok dan kawasan terbatas merokok.
    3. DILARANG membawa bahan berbahaya, narkoba dan senjata tajam ke dalam area rumah sakit.
    4. DILARANG mengambil/ memindahkan/ melepas BARANG INVENTARIS di ruang perawatan tanpa seijin petugas.
    5. DILARANG membuat gaduh/ berbuat onar di area rumah sakit.

 

 TTD

Manajemen RS SMART