RSUD SMART dan DDII Pamekasan Teken MOU Pembinaan Rohani

Dalam rangka memberikan pelayanan kerohanian bagi pasien rumah sakit, pengelola RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan bekerjasama dengan Dewan Dakwah Indonesia (DDII) Pamekasan menyelenggarakan inhouse training kerohanian di RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan yang digelar selama dua hari, 26 – 27 Januari 2017.

Melalui inhouse training itu para perawat RSUD dibekali pemahaman agar perawat tidak hanya melayani pasien secara medis tetapi juga memberikan motivasi agar pasien menjaga ibadahnya selama berobat di RSUD

“Kami mengharapkan agar petugas medis di RSUD tidak hanya memberikan pelayanan medis tetapi juga membimbing pasien RSUD untuk menjaga ibadahnya seperti mengingatkan waktu shalat, berdoa sebelum minum obat” Jelas wakil ketua DDII, DR. Gazali, kepada Ayatuna.Or.Id, Kamis (26/01).

Menurut Gazali, sebagai bagian dari upaya menerapkan misi Kabupaten Pamekasan sebagai daerah yang mengusung Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam), RSUD yang merupakan bagian dari Kepanjangan tangan pemerintah daerah khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, perlu ambil bagian dalam pembangunan masyarakat Islami sesuai dengan kapasitasnya.

“Untuk mensukseskan ikhtiar itu, pengelola RSUD siap menjalin komitmen dengan DDII, khususnya dalam pembinaan petugas medis di RSUD” Tambah Dosen Universitas Madura (Unira) ini.

Peserta inhouse training, selain dibekali pemahaman pola interaksi secara islami, juga dibekali pengetahuan agama seperti cara wudu’, tayammum dan shalat orang sakit.

“Harapannya agar petugas medis ikut membimbing pasien beribadah, termasuk membimbing pasien ketika menghadapi sakaratul maut ” Pungkasnya.

Daeng Ali Taufik selaku perwakilan dari RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan mengapresiasi langkah DDII Pamekasan, bahkan pihaknya merespon inisiatif DDII dengan menjalin kerjasama pembinaan bagi petugas medis di RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, kerjasama itu dikuatkan dengan kesepakatan kerjasama yang berkelanjutan melalui Memorandum Of Understanding (MOU).

“Terus terang kami sangat mengapresiasi kegiatan DDII ini dan kami siap bekerjasama dalam pembinaan rohani di RSUD” Terang Wakil Direktur RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, pada sambutan pembukaan inhouse training, kamis (26/01).

Perlu diketahui, Kerjasama pembinaan rohani antara RSUD dan DDII dikuatkan dengan MOU yang disepakati dan ditanda tangani kedua belah pihak yaitu ketua DDII Pamekasan Ust Hisyam dan RSUD diwakili Daeng Ali Taufik, S.Km selaku wakil direktur RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Drs. Imam Santoso, pengurus DDII bersama sejumlah DDII lainnya, Ust Mursalin wakil ketua MUI Pamekasan selaku pembicara pertama ikut menyaksikan penandatangan MOU tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *