Miliki Delapan Layanan Unggulan

CANGGIH: dr. Median Pertamawati, Sp.Rad. mengaplikasikan CT-scan 128 slice pada pasien radiologi.

CANGGIH: dr. Median Pertamawati, Sp.Rad. mengaplikasikan CT-scan 128 slice pada pasien radiologi.

PAMEKASAN – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) memiliki delapan layanan unggulan guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Pertama, poli urologi. Poli ini merupakan satu-satunya di Madura. Unit pelayanan poli urologi berfokus pada saluran kemih pria (ginjal, ureter, kandung kemih, otot sfingter, dan uretra) dan wanita serta organ reproduksi pria, prostat.

Penanganan pasien urologi sebagian besar dilakukan menggunakan teknologi terkini yaitu transurethral resection (TUR) untuk pembesaran prostat, kanker prostat, dan kanker kandung kemih. Teknik yang dipakai truspy (pemecah batu) yaitu dengan menggunakan laser pada pasien batu saluran kemih.

Kedua, poli jantung dengan alat ekokardiografi. Keistimewaan alat ekokardiografi dapat mengevaluasi morfologi ruang-ruang dan katup-katup jantung serta fungsi dan kondisi aliran darah ke jantung. Pemeriksaan dilakukan tanpa memasukkan alat ke tubuh sehingga relatif tidak memiliki risiko atau efek samping.

TELITI: dr. Tania Ujinaka, Sp.U. sedang menggunakan teknologi TUR.

TELITI: dr. Tania Ujinaka, Sp.U. sedang menggunakan teknologi TUR.

Ketiga, konservasi gigi. Dokter spesialis konservasi gigi yang menangani pada perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kasus (pembuatan veneer, mahkota, pasak, onlay, inlay). Kemudian, perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapai ke ruang saraf dan pembuluh darah gigi (perawatan saluran akar gigi), dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi, bedah endodontik, pemutihan gigi eksternal dan internal.

Keempat, poli geriatri (lansia). Dijelaskan, beberapa masalah dan gangguan yang sering terjadi pada lanjut usia (lansia) antara lain kencing manis (diabetes), darah tinggi (hipertensi), keropos pada tulang (osteoporosis), gangguan kecemasan, dan gangguan-gangguan lain.

Direktur RSUD Smart Pamekasan dr. Farid Anwar menjelaskan, hal inilah yang mendasari rumah sakit ini membuka pelayanan khusus lansia. Pasien geriatri adalah pasien yang berusia di atas 60 tahun. Dengan lebih dari 1 penyakit kronis yang sudah didiagnosis oleh dokter spesialis penyakit dalam.

Poli geriatri sangat memperhatikan kemudahan pendaftaran maupun pelayanan. Berupa pendaftaran khusus pasien geriatri, kemudahan akses menuju poli geriatri, dan ruang tunggu yang nyaman dan ramah lansia.

Layanan unggulan kelima yaitu rehabilitasi medik. Instalasi rehabilitasi medik merupakan upaya memberikan kemampuan kembali melalui bantuan medis, sosial, psikologis, dan keterampilan yang dilaksanakan secara terpadu. Pelayanan rehabilitasi dilakukan secara bertahap dan sesuai kebutuhan.

”Kasus-kasus yang ditangani rehabilitasi medik adalah stroke, gangguan pola jalan pada anak, gangguan tumbuh kembang anak, pilek terus-menerus (sinusitis), cedera olahraga, Muka perot (bells palsy),” jelas Farid.

Keenam, CT-scan 128 slice. RSUD Smart memiliki alat diagnostik baru yaitu CT-scan 128 slice yang merupakan generasi terbaru CT-scan. Alat ini memiliki kemampuan menghasilkan informasi dan memberikan gambaran diagnostik yang lebih baik.

Terutama pada organ bergerak termasuk jantung. Kecepatan pemeriksaan singkat dan menghasilkan gambar lebih akurat, resolusi lebih baik, dan efek radiasi yang rendah. Indikasi pemeriksaan berbagai kelainan, seperti jantung (misalnya: penyakit jantung koroner), angiografi (pemeriksaan pembuluh darah), otak (evaluasi stroke infark, stroke perdarahan, infeksi, tumor, cedera kepala), rongga dada (tumor, infeksi), rongga perut dan masih banyak kegunaan dari alat ini.

Layanan unggulan keenam yaitu C-arm radiografi. C-arm merupakan salah satu alat radiologi untuk melihat gambar atau objek dari pasien yang akan dilihat langsung dengan cara fluoroscopy dengan bantuan layar monitor. C-arm biasa digunakan untuk operasi bedah ortopedi (tulang), bedah laparoskopi, dan bedah syaraf.

Yang paling mengesankan, alat ini dapat memperlihatkan proses pelaksanaan tindakan medis dan operasi tulang atau bagian dalam organ tubuh manusia lainnya secara langsung (real time). Sehingga, proses operasi dan tindakan medis dapat berjalan dengan mudah, akurat, aman, dan nyaman.

Layanan terakhir fluoroscopy. Digunakan untuk mengamati kondisi organ tubuh secara langsung. Serupa dengan CT-scan, fluoroscopy menggunakan pancaran sinar-X dalam menangkap gambar. ”Perbedaannya adalah, gambar yang dihasilkan fluoroscopy hanya memiliki satu sudut pandang (fokus),” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.