TERAPI ESWL

Image result for pelayanan eswl

Terapi ESWL (Extracorporeal Shock-Wave Lithotripsy) merupakan prosedur pemecahan batu dengan menggunakan gelombang kejut. Prosedur ini dilakukan tanpa membuat luka, tanpa pembiusan dan tanpa rawat inap. Terapi ini dilakukan untuk mengatasi batu saluran kemih.

Pengobatan Batu Saluran Kemih dengan ESWL

Apakah batu saluran kemih itu? Batu saluran kemih adalah batu yang terletak di ginjal (kidney), saluran ginjal (ureter), kandung kemih (bladder) dan saluran kandung kemih (uretera).

Tanda-tanda seseorang mengalami batu saluran kemih adalah, pasien merasakan nyeri pinggang dan pegal di pinggang yang hilang-timbul (kolik) tidak menentu. Selain itu penderita batu saluran kemih mengalami sering buang air kecil di luar batas normal dan mungkin mengalami kencing berdarah. Jika penderita tersebut buang air kecil, ia mungkin merasakan nyeri pada bagian akhirnya. Terkadang penderita batu saluran kemih mengalami mual ataupun muntah. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya lekas periksakan kesehatan ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dengan tepat.

Batu saluran kemih terbentuk karena adanya endapan dalam kencing yang mengkristal menjadi keras. Hal ini timbul karena kurangnya minum air putih atau hal lain seperti adanya infeksi serta adanya sumbatan saluran kemih.

Terapi ESWL Untuk Batu Saluran Kemih

Tidak perlu opearsi untuk mengatasi batu saluran kemih, termasuk batu ginjal. Dengan menggunakan terapi ESWL, maka sebagian besar batu saluran kemih dapat dipecahkan tanpa operasi. Terapi ESWL berfungsi untuk sebagian besar kasus, kecuali jika batu tersebut terlalu besar. Dalam proses pemecahan batu biasanya menggunakan alat khusus lithoclast yang membutuhkan bius lokal.

Pada dasarnya ESWL (Extracorporeal Shock-Ware Lithotripsy) adalah tembakan batu dari luar tubuh. Batu saluran kemih dapat dipecahkan dengan gelombang kejut tanpa membuat luka dan tanpa dibius. Selesai melakukanESWL, pasien dapat langsung pulang.

Keberhasilan terapi ESWL terhitung cukup tinggi. Namun keberhasilan terapi ESWL memiliki beberapa faktor, misalnya jenis, ukuran, serta lokasi batu saluran kemih. Tetapi secara keseluruhan, angka keberhasilan terapi ESWL dalam menangani batu saluran kemih mencapai 80-100%.

Prosedur Terapi ESWL

Untuk melakukan terapi ESWL, pasien perlu berkonsultasi dan mendapatkan rekomendasi dari dokter spesialis urologi. Selanjutnya dokter spesialis urologi Anda akan menentukan pemeriksaan yang akan dijalani, misalnya pemeriksaan USG, pemeriksaan radiologi, atau uji laboratorium. Selama proses ESWL, pasien pada umumnya akan merasa sedikit sakit. Oleh sebab itu sebelum terapi ini dilakukan, pasien akan diberikan obat pengurang rasa sakit. Terapi ini dilakukan kurang lebih sekitar 30 menit. Pasien dapat langsung pulang setelah terapi dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *