Hadapi Virus Corona, Coba Tips Dokter Spesialis Anestesiologi

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Ratna Hermawati, dokter spesialis anestesiologi RSUD Dr H Slamet Martodirdjo, Pamekasan, Madura meminta pada masyarakat tidak perlu panik dengan adanya isu virus Corona saat ini, terutama jika tahu cara menghadapinya.

Kepada TIMES Indonesia pada Jumat (6/3/2020), ia memberikan metode pencegahan supaya terhindar dari virus CoViD-19 yang sangat meresahkan masyarakat.

Menurutnya, yang utama itu adalah cuci tangan, cuci tangan yang sesuai dengan standard WHO (World Health Organization). Kemudian yang kedua, tidak mudah mengadakan kontak tangan ke area wajah.

“Yang ketiga itu adalah etika batuk yang baik dan benar. Selama ini masyarakat masih kurang paham cara batuk, biasanya kita dengan menggunakan telapak tangan. Yang betul itu kita harus menggunakan bagian lengan bagian bawah tangan,” paparnya.

Ratna memaparkan, kalaupun kita terpaksa menggunakan tisu saat batuk, maka tisu itu harus segera kita buang kemudian segera cuci tangan.

Selain itu, ia juga menjelaskan pemahaman dalam penggunaan masker yang tepat. Ratna mengimbau hal ini agar tidak mengalami kepanikan massal karena kehabisan masker akibat khawatir terjangkit virus Corona.

“Dalam pemakaian masker, yang harus memakainya itu adalah pihak yang sakit, pihak rumah sakit, tenaga kesehatan atau tenaga kesehatan. Sehingga tidak perlu panik, sistem imun kuat kok,” jelasnya.

Meski demikian, ia meminta semuanya untuk tetap waspada dalam menghadapi phobia pada masyarakat dalam menghadapi virus Corona. “Kita tidak perlu panik atau heboh tapi tetap antisipasi, kita santai tapi kita waspada,” tukas dokter spesialis anestesiologi RSUD Dr H Slamet Martodirdjo, Pamekasan ini. (*)