RSUD SMART PERINGATI HARI JANTUNG SEDUNIA 2022

Di Indonesia penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian tertinggi (Global Burden of Disease dan Institute for Health Matrics & Evaluation /IHME 2014-2019) jumlah penderitanya mengalami peningkatan yang drastis sejak 10 tahun terakhir dengan usia yang semakin muda. Sedangkan berdasarkan data BPJS 2021 penyakit jantung ini menjadi beban biaya terbesar dalam pembiayaan kesehatan.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah, oleh karena itu untuk mengatasi masalah penyakit jantung di Indonesia Kemenkes menerapkan regulasi Permenkes No.71 Tahun 2015 yang dilakukan melalui promosi kesehatan dengan merubah perilaku dan pemberdayaan masyarakat, deteksi dini dengan mengidentifikasi dan intervensi sejak dini faktor resiko melalui pengobatan di fasilitas pelayanan kesehatan berstandar. 

Untuk itu pada peringatan hari jantung sedunia ini yang jatuh pada tanggal 29 september dengan tema “ Use Heart, For Every Heart” , memiliki makna bahwa jantung yang sehat merupakan anugrah yang harus kita jaga dengan baik, dan dapat bermanfaat bagi orang lain yaitu dengan terlibat langsung dalam upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Peringatan pada kali ini mengkampanyekan untuk membantu sebanyak mungkin individu dalam mencapai kesehatan jantung bagi individu lainnya. Civitas Hospitalia RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo membantu mengupayakan kesehatan jantung dengan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten pamekasan  untuk selalu waspada terhadap serangan jantung dengan memeriksakan secara berkala sebagai upaya deteksi dini. Selamat Hari Jantung Sedunia!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.